Ketua MA Resmikan Gedung PN Tenggarong

 22 Mei 2013    Jaya. MN    PemerintahanKetua MA Hatta Ali (kiri) didampingi Bupati Kukar Rita Widyasari (kanan) saat meninjau sejumlah fasilitas yang terdapat di gedung baru PN Tenggarong.

TENGGARONG – Gedung Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong bersama 38 gedung pada 4 Lingkungan Peradilan di sejumlah daerah di Indonesia diresmikan penggunaannya oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Dr HM Hatta Ali SH MH. Gedung PN Tenggarong seharga Rp 10,7 Milyar tersebut merupakan gedung pengadilan terbaik dari 38 gedung yang diresmikan Rabu (22/5).
Peresmian 39 gedung di 4 lingkungan peradilan berlangsung di halaman PN Tenggarong ditandai penanda tanganan prasati dan pengguntingan pita secara simbolis oleh Ketua MA dan dilanjutkan peninjauan fisik gedung PN Tenggarong. Disaksikan Gubernur Kaltim Awang Faruk Ishak, Bupati Kukar Rita Widyasari, Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Andi Surya Darma Belo dan Sultan H Aji M Salehuddin II. Tampak hadir pula Wakil Ketua MA, para Hakim Agung, para Ketua dan Hakim di 4 Lingkungan Peradilan se tanah air. Sekretaris MA Nurhadi dalam laporannya mengakui pembangunan 39 gedung peradilan di lingkungan MA merupakan upaya mewujudkan peradilan yang modern, bermartabat dan dicintai masyarakat. Dikatakan dari 39 gedung peradilan yang tersebar di penjuru tanah air terdapat 8 gedung PN, 5 gedung pengadilan Tipikor dan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), 17 gedung Pengadilan Agama, 7 gedung Pengadilan Militer dan 2 gedung Pengadilan Tata Usaha Negara. ”Pembangunan sarana dan prasarana di 4 lingkungan peradilan itu dilakukan bertahap menghabiskan biaya APBN Rp 450 milyar lebih,” ujarnya. Sementara Gubernur Kaltim Awang Faruk mengatakan demi mewujudkan Kaltim sebagai kawasan bebas korupsi telah mencanangkan pembangunan zona integritas bagi pemberantasan praktek KKN. “Hasilnya selama 4 tahun Kaltim meraih peringkat I dalam akuntabilitas kinerja pemerintahan,” katanya. Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari menyampaikan selamat kepada jajaran PN Tenggarong yang telah menempati gedung barunya. Semoga keberadaan gedung ini mampu meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. "Sesuai visi Program Gerbang Raja yaitu Masyarakat yang Sejahtera dan Berkeadilan," ujarnya. Sedang Ketua MA Hatta Ali mengharapkan sebagai gedung PN terbaik di Indonesia maka jajaran PN Tenggarong harus mampu menunjukkan kinerja terbaiknya terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Kepada Pemkab Kukar yang memberikan dukungan bantuan hibah berupa meubelair atau perabot Ketua MA Hatta Ali menyampaikan terima kasihnya. Ditambahkan Hatta Ali upaya memperbaiki dan memodernkan sarana dan prasarana peradilan di Indonesia bertujuan untuk mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung. Namun demikian Ketua MA berharap masyarakat jangan memandang lembaga peradilan di bawah MA sebagai sesuatu yang angker namun sebaliknya yaitu sebagai tempat yang tepat dan nyaman mencari keadilan. “Bagi aparat di jajaran peradilan dalam pelayanan hendaknya meniru pegawai bank yang ramah kepada konsumennya, sehingga pencari keadilan merasa puas atas layanan kita,” demikian ujarnya. Ke 38 gedung peradilan yang baru dibangun itu selain terdapat di Kukar juga ada di Pulau Sulawesi, Jawa, Sumatera hingga Propinsi Papua. (joe)