Uji Publik Naskah Akademik LPPL Radio RPK

 08 September 2016    gusdut    Pemerintahan

Uji naskah akademik LPPL Radio RPK bertempat di Dinas Kominfo Kab. Kutai Kartanegara.(1/9)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo ) Kabupaten Kutai Kartanegara melalui UPT. Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kutai Kartanegara menggelar uji publik Naskah Akademik Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio RPK bertempat di ruang rapat Diskominfo (1/9)

Drs Juhri Majeri selaku kepala UPT. RPK dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan UU penyiaran nomor 23 tahun 2002 dan Kepmen Kominfo nomor 18 tahun 2014 tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL), dimana radio yang didirikan
oleh pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia diwajibkan memiliki ijin prinsip penyiaran (IPP).

Adapun proses memperoleh IPP tersebut harus melalui beberapa tahapan, tahapan yang sudah dilalui oleh RPK yakni pertama telah lulus evaluasi dengar pendapat melalui KPID Kaltim, kedua lulus dalam rapat forum bersama KPI Pusat dan Dirjen Postel Jakarta, ketiga memperoleh ijin penyelenggaran penyiaran sementara, keempat memperoleh ISR (Ijin stasion Radio) dari Dirjen Postel Jakarta, kelima lulus dalam evaluasi uji coba siaran.

Untuk memperoleh IPP tetap harus melampirkan Perda yang dalam pembuatan harus dilakukan kajian ilmiah naskah akademik, sehingga uji publik naskah akademik merupakan bagian penting yang harus dilakukan. Sehingga LPPL Radio RPK memliki landasan legal formal serta memiliki IPP tetap dalam melaksanakan tupoksinya sebagai media penyampai informasi, edukasi, sosial budaya dan hiburan bagi masyarakat Kutai Kartanegara.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Kutai Kartanegara Drs H Surip S. M.sI dalam sambutanya mengatakan Radio RPK didirikan sejak tahun 1967 bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan juga mempererat masyarakat kutai yang sangat jauh dan luas pada waktu itu, sehingga tidak ada masyarkat yang terisolir dalam mewujudkan pembangunan terutama informasi kebijakan -kebijakan pemerintah.

Sehingga diharapkan Radio RPK menjadi salah satu media yang paling efektif dan efisien dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Hal ini ditunjang dengan secara teknis memiliki peralatan pemancar Radio yang baik.Diharapkan kepada jajaran UPT. RPK kegiatan Uji publik naskah akademik ini menjadi awal baik yang akan memotifasi kinerja dan pengabdian yang tak kenal lelah sesuai dengan somboyannya"sekali di udara tetap di udara".

Hadir dalam uji publik naskah akademik LPPL Radio RPK ini dari beberapa SKPD, Rektor Unikarta Dr. Sabran selaku pemateri dan tim dari Unikarta, Lurah, Kepala Sekolah beserta perwakilan Siswanya, forum Pamerhati seni Kab. Kukar serta tak ketinggalan dari fans Radio RPK Kutai Kartanegara. (gusdut)