Pemkab Serahkan 38 SK Batas

 14 September 2016    madi    Pemerintahan

Plt Sekretaris Daerah H Marli saat meyerahkan 38 Surat Keputusan (SK) Batas Desa.


TENGGARONG – Plt Sekretaris Daerah H Marli meyerahkan 38 Surat Keputusan (SK) Batas Desa kepada 6 Camat dari 38 desa tersebut, di ruang rapat Sekda Kukar, Selasa (13/9).

Adapun 38 SK Batas Desa yang diserahkan tersebut terdiri dari Kecamatan Loa Kulu sebanyak 3 Desa, Muara Badak 10 Desa, Kota Bangun 12 Desa, Muara Kaman 3 Desa, Tenggarong Seberang 3 Desa, dan kecamatan Muara Wis sebanyak 7 desa.

Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan Bagian Administrasi Pemerintahan Setkab Kukar, Yani Wardhana mengatakan SK Batas Desa yang diserahkan tersebut merupakan hasil dari fasilitasi dan mediasi penataan batas wilayah desa/kelurahan yang dilakukan sejak 2010 lalu, dengan pedoman Permendagri nomor 27 tahun 2006 dan Permendagri nomor 45 tahun 2016 tentang penetapan dan penegasan batas desa.

Yani mengatakan, dari 237 desa/kelurahan yang difasilitasi, sudah 142 desa/kelurahan atau 62,9 persen yang sudah sampai proses SK, dan 21 desa sampai pada proses surat penegasan. Sisanya ada 74 desa yang belum ditetapkan.

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah H Marli mengatakan adanya SK Batas Desa itu dapat mengurangi permasalahan yang timbul terkait batas desa, misalnya masalah sosial. Kemudian, SK Batas Desa juga memastikan data penduduk desa. Batas yang definitif sangat diperlukan dalam memberikan kejelasan wilayah administrasi kepada aparatur dalam memberikan pelayanan publik, termasuk perencanan pembangunan dan pendanaan pembangunan melalui Alokasi Dana Desa, maupun dana desa yang akan dikucurkan pemerintah Daerah maupun Pusat.


Sumber: (Pemberitaan HUmas Kukar)