Yuk, Manfaatkan Pekarangan Rumah

 28 September 2016    madi    Pemerintahan

BANTUAN: Wabup Edi Damansyah menyerahkan bibit cabai kepada perwakilan kelompok wanita tani Bina Tani CJDW Kelurahan Bukit Biru.(Foto:Humas Kukar)


TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah membuka kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan se–Kecamatan Tenggarong yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis  bibit pohon cabai kepada perwakilan kelompok wanita tani di halaman Kantor UPT BKPP, Jl Pesut Kelurahan Timbau, Selasa (27/9).

Edi mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kukar, khususnya kepada Kelompok Wanita Tani dan ibu–ibu rumah tangga di Kecamatan Tenggarong yang selama ini sudah melaksanakan pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan.
Edi mengingatkan agar gerakan yang telah dicanangkan tidak berhenti di tengah jalan.

Pemkab, kata dia, siap mendukung apa yang telah dilakukan BKPP Kukar, yaitu menggerakkan para kelompok wanita tani dan ibu–ibu rumah tangga   dalam gerakan  optimalisasi peman-faatan pekarangan.

“Kegiatan ini sangat sederhana namun sangatlah penting karena mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan sangat bermanfaat untuk semua,” ujar Edi.

Untuk itu, juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Ketua Panitia pelaksana, M Wahli mengatakan gerakan ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan lahan pekarangan dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah untuk ditanami dengan komoditas tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, ternak dan ikan.

Diikuti lebih kurang 45 Kelompok Wanita Tani di 41 kelurahan/desa pada sembilan kecamatan dengan jumlah anggota sebanyak 450 orang.  ”Pada kegiatan hari ini dibagikan bibit tanaman cabai sebanyak 9.900 polibag,” ujar Wahli.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kondisi gizi keluarga dan dapat menambah pendapatan keluarga, sehingga dapat mendukung program peningkatan mutu dan gizi pangan yang telah dicanangkan pemerintah.(hmp04)



Sumber : Koran Kaltim