Hari Ini, DPRD Gelar Paripurna HUT Tenggarong Ke-234

 28 September 2016    madi    Pemerintahan

Salehuddin,SSos., S.Fil Ketua DPRD Kabupaten Kukar. (Foto: Istimewa)


TENGGARONG – DPRD Kutai Kartanegara akan menggelar Sidang Paripurna Istimewa HUT Tenggarong ke-234, Rabu (28/9) hari ini.

Ketua DPRD Kukar, Salehuddin menga-takan Paripurna HUT Kota Tenggarong merupakan agenda wajib yang digelar setiap tahun.
Dalam paripurna itu, Saleh akan membacakan sejarah singkat berdirinya Kota Tenggarong. Selanjutnya, undangan akan mendengarkan pidato Bupati Kukar Rita Widyasari.

Menurut Saleh, Kota Tenggarong didirikan pada tanggal 28 September 1782 oleh Raja Kutai Kartanegara ke-15, Aji Muhammad Muslihuddin, yang dikenal pula dengan nama Aji Imbut.

“Semula kota ini bernama Tepian Pandan ketika Aji Imbut memindahkan ibu kota kerajaan dari Pemarangan. Oleh Sultan Kutai, nama Tepian Pandan kemudian diubah menjadi Tangga Arung yang berarti rumah raja. Namun pada perkembangannya, Tangga Arung lebih populer dengan sebutan Tenggarong,” jelas Saleh.

Sebelum paripurna istimewa digelar, Saleh bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah akan melakukan ziarah ke makam Aji Imbut.

Selain mengingat jasa para pemimpin terdahulu, ziarah itu juga untuk mengenang kejayaan Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di masa lalu.(hei)



Sumber : Koran Kaltim