Wabup Edi Damansyah Buka Rakerda LPTQ Kukar 2016

 06 Oktober 2016    madi    Pemerintahan

Penandatanganan kerjasama peningkatan kapasitas dan kualitas SDM dalam rangka pengembangan dan pembinaan Tilawatil Quran di Kab. Kukar oleh Wabup Kukar Edi Damansyah dan Rektor PTIQ Prof Dr Nasaruddin Umar, MS. (Foto : Rahmawati)


"Gaungkan Program Gerakan Etam Mengaji (GEMA)



Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kukar Tahun 2016, di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Selasa (4/10). Kegiatan tersebut dihadiri Rektor Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran  (PTIQ) Jakarta Prof.Dr Nassaruddin Umar.MA.


Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan, Kegiatan pada hari ini bagian dari bagaimana LPTQ Kabupaten Kukar sebagai salah satu Mitra Pemerintah Kabupaten Kukar, khususnya berkaitan dengan pengembangan Tilawatil Qur'an di Kutai Kartanegara. 

Hal tersebut menurutnya sejalan dengan Visi  Gerbang Raja II yaitu mewujudkan masyarakat  maju dan mandiri  sejahtera dan berkeadilan, salah satu Misinya pengembangan  sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten  dimana salah satunya adalah Gerakan Etam Mengaji (GEMA).

Gerakan etam mengaji (GEMA) ini merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten kukar mengembangkan SDM yang berkompeten, karena harapan pemerintah Kukar pengembangan SDM ini tidak hanya terfokus kepada pendidikan umum, pendidikan kejuruan, tetapi juga harus di imbangi dengan pendidikan iman dan ketakwaan. "Salah satunya adalah dengan gerakan etam mengaji sehingga keseimbangan ini bisa berjalan dengan baik," Ujar Edi.

"Kualitas SDM Kukar harus di isi dengan ilmu pengetahuan umum, teknis serta  iman dan ketakwaan. Kita berharap melalui kebijakan ini nanti, bahwa kemajuan kabupaten kutai kartanegara kedepan bukan terletak pada kekayaan SDA nya, tetapi terletak pada Sumber daya manusianya," harapnya.

Edi mengatakan, program Gema juga termasuk program Gerakan Pembangunana Masyarakat Sejahtera (Gerbang Raja), hal tersebut seiring dengan Peraturan Bupati No. 24 Tahun 2016 tentang Gerakan Etam Mengaji (Gema).

Selanjutnya, Wakil Bupati mengatakan program tersebut merupakan upaya meningkatkan syiar Islam dalam rangka membangun karakter masyarakat Muslim Kukar yang beriman, bertaqwa serta menjadi tauladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan sasaran program Gema dikatakan Edi Damansyah, meliputi budaya membaca Al-Quran secara rutin yang dilakukan oleh lembaga pendidikan baik formal maupun informal, Instansi Pemerintah, tempat ibadah, organisasi kemasyarakatan serta masyarakat luas di Kukar.

Sementara itu, Panitia Pelaksana H Sulaiman mengatakan kegiatan rakerda digelar untuk merumuskan  program kerja LPTQ lima tahun  kedepan dengan mengacu  hasil Musda LPTQ  Kab Kukar tahun 2016, selain untuk memberikan pencerahan pada LPTQ ditingkat kecamatan, kabupaten, maupun steakholders terkait dalam upaya memuliakan Al-Quran  di Kabupaten Kukar. (Madi)