Ahli Berbagai Negara Bakal Kemas Wisata Kukar

 07 Oktober 2016    madi    Pemerintahan

KERJA SAMA: Bupati Kukar Rita Widyasari didampingi Wabup Edi Damansyah saat menyerahkan suvenir kepada Duta Besar Republik Seychelles untuk ASEAN Nico Barito (kanan). (Foto:Humas Pemberitaan)


"Pemkab Jalin Kerja Sama dengan Republik Seychelles"

TENGGARONG – Kutai Kar-tanegara menjalin kerja sama dengan Duta Besar Republik Seychelles untuk ASEAN Nico Barito, dalam hal pengembangan pariwisata dan budaya di Kukar. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan para ahli pembangunan potensi wisata yang akan melakukan riset atau penelitian di Kukar.


”Dijadwalkan, para ahli dari berbagai negara itu nanti akan datang bulan November tahun ini. Mereka yang berjumlah lima sampai 10 orang akan memakai biaya sendiri, kita hanya me-nyediakan home stay di daerah penelitiannya nanti,” ujar Bupati Kukar Rita Widyasari usai menerima Dubes Republik Sey-chelles, Kamis (6/10) di Pendopo Odah Etam.


Rita mengatakan, para ahli tersebut akan mempelajari dan mencari wilayah Kukar yang cocok untuk dikemas sebagai wisata alam dan budaya, dengan menonjolkan kearifan lokal yang ada, untuk dikemas menjadi destinasi wisata yang men-datangkan pemasukan tinggi. Para ahli tersebut akan membuat dokumentasi untuk mem-promosikan potensi wisata Kukar yang ditelitinya.


Selain itu,  Dubes Seychelles juga akan menjadwalkan ke-datangan para mahasiswa tingkat akhir dari universitas ternama di Amerika Serikat untuk melakukan studi di Kukar. Sehingga, hal tersebut menurut Rita akan berdampak positif untuk mengenalkan potensi yang dimiliki Kukar.


Tak hanya itu, Dubes Seychelles juga mengundang Kukar untuk mengikuti carnaval tingkat dunia yang digelar setiap April di negara kepulauan Samudera Hindia tersebut.
Carnaval tersebut diikuti 80 negara setiap tahunnya, sehingga sangat berpotensi untuk mem-promosikan seni budaya Kukar.


“Kita diundang untuk ikut carnaval itu, dan akomodasinya ditanggung pihak Seychelles. Meski kita hanya menyiapkan tiket perjalanan ke sana, ini akan dipelajari lebih dahulu,” ujarnya.


Rita mengatakan, pertemuan dengan Dubes Sychelles tersebut, merupakan tindaklanjut dari kerja sama yang dilakukan Kukar dengan Republik Seychelles saat Agustus 2016 tadi atau bertepatan dengan Erau.


Nico Barito akan menerapkan bagaimana bangkitnya Republik Seychelles yang berpenduduk hanya 100 ribu itu menjadi daerah yang diminati dunia. Bahkan menurut Nico, Ratu Inggris, para artis dunia ternama hingga David Beckham pernah beristirahat di negara yang berada di timur laut Madagaskar tersebut.


“Apa yang kami terapkan untuk membangun negara kami, juga akan diterapkan di Kukar ini dalam membangun pariwisata, yaitu dengan membawa para ahli dunia untuk riset dan mengemas pariwisata di sini, sehingga Kukar makin terkenal,” ujar Nico.


Pertemuan tersebut juga dihadiri Wabup Kukar Edi Damansyah, Kepala Bappeda Totok Heru Subroto, dan Kepala Dinas Pendidikan Kukar Wiyono. (hmp02)



Sumber : Koran Kaltim.