Beasiswa Gerbang Raja Cair Tahun Depan

 10 Oktober 2016    madi    Pemerintahan

TENGGARONG – Bagian Kesra Setkab Kutai Kartanegara telah mengusulkan anggaran Beasiswa Gerbang Raja sebesar Rp26 miliar. Namun, karena kondisi keuangan Pemkab Kukar yang sedang defisit menyebabkan beasiswa itu baru bisa disalurkan tahun depan.


“Pembayaran diusulkan tahun 2017,” kata Kabag Kesra Setkab Kukar M Arsyad kepada Koran Kaltim, belum lama ini.


Proses seleksi terhadap 8.900 pemohon sudah selesai. Sebanyak 6.831 pemohon dinyatakan layak mendapatkan beasiswa. “Seleksi berdasarkan pertimbangan syarat administrasi serta indeks prestasi pemohon,” terangnya.


Namun, Arsyad tidak bisa memastikan apakah anggaran sebesar Rp26 miliar yang diusulkan melalui APBD 2017 itu mengalami perubahan atau tidak. Besar kecilnya anggaran Beasiswa Gerbang Raja tergantung keputusan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar DPRD Kukar.


“Tugas Kesra melakukan proses seleksi pemohon dan mengusulkan pembayaran beasiswa. Tapi, kita tetap berharap anggaran beasiswa tidak kena pangkas,” ujarnya.


Sementara itu, seorang pemohon, Sandi mengaku tidak mempermasalahkan lambatnya pencairan beasiswa itu.Yang terpenting bagi mahasiswa FKIP Unikarta ini, Beasiswa Gerbang Raja tetap dicairkan. Yyang penting tidak hangus,” harapnya.


Sandi setiap tahun menerima beasiswa dari Pemkab Kukar. Uang itu lalu digunakan untuk kepentingan kuliah dan membantu orang tuanya.(ran415)


Sumber : Koran Kaltim.