Pertama di Indonesia, Bupati Lantik 70 Kades dari 16 Kecamatan

 31 Oktober 2016    madi    Pemerintahan

Penyerahan SK kepada kades yang baru dilantik oleh Bupati Kukar Rita Widyasari. (Foto :Humas Pemberitaan)


TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari secara resmi melantik 70 Kepala Desa serentak dari 16 Kecamatan Kukar, Kamis (27/10) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong. Dalam sambutannya, Rita mengatakan pengambilan sumpah bagi kades ini merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan dan amanah pemerintah daerah dan warga masyarakat kepada kepala desa, untuk memimpin dan membangun desa agar menjadi lebih baik, lebih maju dan sejahtera. “Catat baik-baik, rakyat ingin kita membangun desa lebih baik dari sebelumnya,” tegas Rita.  

Rita berharap setelah pelantikan, segera menyesuaikan diri dengan tugas-tugas kades dan khusus bagi kades baru lanjut Rita untuk mempelajari serta memahami semua peraturan perundang-undangan yang mengatur desa, terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban, serta hak dan larangan kepala desa. “Bekerjalah dengan benar, jujur, dan ikhlas, sebagai orang yang dipercaya memimpin desa, harus bersikap adil dan tidak pilih kasih, serta harus bisa mengayomi semua warga,” ujarnya.

Ditambahkan Rita, semua kades harus berupaya mewujudkan tatanan kehidupan yang kondusif, dinamis, dan kreatif dan sebagai orang yang dituakan di desa, harus bisa menjadi teladan perangkat desa dalam bersikap, bertindak dan bertingkah laku. “Saya juga minta agar kades mengoptimalkan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa, juga kerukunan masyarakat desa dengan adat, kebiasaan dan karakteristik desa masing-masing,” pesan Rita. 

Rita Widyasari meminta kepada semua kepala desa yang sudah dilantik, agar segera menyusun RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Desa tahun 2016-2022, RKP (Rencana Pemerintah) desa, APBD Desa bersama BPD dan masyarakat sesuai visi misi Gerbang Raja. “Saya minta kades yang sudah dilantik segera menyusun RPJM Desa, sesuai visi misi dalam grand strategi Gerbang Raja,” pinta Rita. 

Rita juga mengharapkan agar kades sering turun ke lapangan mengunjungi warga melihat, mendengar, dan merasakan apa yang ada dimasyarakat untuk dicarikan solusinya, sehingga masyarakat merasakan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa. “Kades dipilih rakyat dan merupakan salah satu yang terbaik karena itu berikan pula yang terbaik untuk rakyat,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Rita juga mengucapkan selamat kepada semua kades yang sudah dilantik, juga mengapresiasi atas sumbangsih kades sebelumnya yang sudah membangun desa di Kukar. “Semoga selama pengabdian bapak dalam membangun desa di Kukar mendapat pahala dari Allah yang maha kuasa,” tuturnya.

Diketahui, pemilihan kepala desa serentak di Kukar merupakan pertama kali di Kaltim bahkan Indoensia. Dari 193 desa dari 18 kecamatan, sudah dilaksanakan pilkades serentak sebanyak 70 desa yang berasal dari 16 kecamatan. Pilkades tahap kedua akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang sambil menunggu masa akhir jabatan. (hmp01)


Sumber: Humas Pemberitaan