Wabup Kukar Koordinasikan Kerjasama Antar Daerah Ke Kubar

 03 Nopember 2016    gusdut    Pemerintahan

Saling tukar cinderamata antara Bupati Kubar F X Yapan dan Wabup Kukar Edi Damansyah


Dalam rangka koordinasi kerjasama antar daerah dan batas daerah, Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Wakil Ketua I DPRD Kukar Guntur dan kepala dinas, kabid serta kabag terkait, melakukan kunjungan kerja ke Sendawar Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Jumat (28/10).  Rombongan disambut Bupati Kubar F X Yapan didampingi Ketua DPRD Kubar Jackson Jhon Tawi dan Sekda Kubar Aminudin di Ruang Rapat Kantor Bupati Kubar.  Acara diawali dengan pengalungan selendang dan pemakaian kopiah oleh F X Yapan kepada Edi Damansyah dan serta saling bertukar cinderamata. 

Dalam sambutannya, Edi Damansyah mengatakan pada tahun 2014 Pemkab Kukar telah menginisiasi program kerjasama antar daerah kabupaten/kota se – Kaltim. Selanjutnya proses inisiasi dilanjutkan dengan pertemuan Bappeda se Kaltim di Kubar pada tanggal 6 Februari 2014, berupa beberapa penawaran program dan kegiatan kerjasama kepada kabupaten/kota se – Kaltim. Hasil pertemuan menyepakati kerjasama antar daerah dalam bentuk kesepakatan bersama dan ditandatangani pada saat Musrenbang Provinsi Kaltim tanggal 2 April 2014.  “Mengingat kesepakatan bersama antara Kukar dan Kubar masa berlakunya berakhir April 2015 dan dengan memperhatikan RPJMD Kukar 2016 – 2021 dari aspek keterkaitan antar wilayah, maka atas dasar tersebut Pemkab Kukar memandang perlu untuk melanjutkan lagi kesepakatan tersebut,” katanya. 

Pemkab Kukar menawarkan kembali kerjasama jalan tembus perbatasan Kukar dan Kubar yaitu Jalan Lamin Pulut dan Lamin Telihan Kubar melewati Jembatan Aji Tullur Jejangkat. Kemudian pemetaan dan perlindungan kawasan habitat pesut mahakam yang difokuskan pada kegiatan pemetaan sedang untuk perlindungan kawasan habitat mengingat pesut mahakam dalam DAS mahakam untuk mendapat fasilitas dari Pemprov Kaltim. 

Lebih lanjut Edi menawarkan kerjasama baru di bidang kawasan industri pertanian. Untuk mendukung tujuan tersebut kerjasama yang ditawarkan adalah sinkronisasi perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian ruang kawasan industri pertanian Kukar dan Kubar dengan kegiatan tahap I identifikasi permasalahan teknis penataan ruang kawasan industri pertanian dalam arti luas,  tahap II perumusan model penataan ruang perbatasan industri pertanian dalam arti luas dan tahap III rencana pemanfaatan ruang dan rencana kegiatan kawasan industri pertanian.  “Kami berharap bentuk kerjasama ini bisa mendorong percepatan pembangunan yang dilakukan Kukar dan Kubar dan memberikan warna peningkatan pembangunan baik secara kawasan ekonomi masyarakat, sosial dan budaya sehingga berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. 

Selanjutnya untuk menindaklanjuti kesepakatan ia meminta kedua belah pihak segera membuat tim  agar lebih fokus.Sementara itu, F X Yapan menyambut baik kunjungan kerja Wabup Kukar beserta rombongan. Dengan adanya pembicaaraan mengenai kesepakatan baru ini, Yapan berharap masing – masing daerah dapat lebih fokus lagi dalam menyelesaikan permasalahan.  “Hal ini dilakukan agar kedua belah pihak bisa menjalankan program pembangunannya sesuai RPJMD dan masyarakat yang berada diperbatasan tidak bingung lagi,” ujarnya. Ia berharap kesepakatan yang akan segera dibuat dan ditandatangani bisa berjalan sesuai dengan rencana dengan hasil seperti yang diharapkan. (hmp06/humaskukar)