Rita: Yang Ikut CFD Jangan Merokok

 07 Nopember 2016    madi    Pemerintahan

(CFD: Bupati Kukar Rita Widyasari bersama Forkopimda berfoto bersama di kawasan CFD Jalan Jendral Sudirman, Tenggarong, kemarin.)


"Bupati Kukar Resmikan Kegiatan Car Free Day di Kota Tenggarong"


TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari meresmikan peluncuran kegiatan Car Free Day atau hari tanpa kendaraan bermotor di Tenggarong, Minggu (6/11) di Creative Park, Jalan Jenderal Sudirman, Tenggarong.


Rita mengatakan, CFD merupakan salah satu upaya untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor yang mence-mari udara dan berakibat pemanasan global. Untuk itu, menurutnya meski hanya beberapa jam, CFD dapat mengurangi polusi dan juga menyehat-kan. Pasalnya, CFD juga diisi dengan kegiatan olahraga serta kegiatan menyenangkan lainnya. “Daerah lain sudah menerapkan CFD ini. Meski kita baru memulai, biar terlambat yang penting ada niat baik kita agar CFD terus berlanjut setiap hari Minggu,” ujarnya.


Selain itu, Rita mengimbau warga tak hanya meninggalkan kendaraan bermotor saat CFD, tetapi masyarakat juga diimbau untuk tidak merokok selama CFD. “Kita ingin udara bersih, jadi yang ikut CFD juga jangan merokok,” imbaunya. Pada kesempatan itu Rita menekankan agar masyarakat ikut memerangi penyalahgunaan narkoba. Salah satu caranya menurut Rita, yaitu dengan melakukan kegiatan positif dan aktivitas kreatif seperti halnya saat CFD ini.


Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen menambahkan, inisiatif CFD muncul setelah banyaknya aktivitas masyarakat yang berolahraga pagi di hari libur di sepanjang tepi Maha-kam, Kelurahan Timbau, Tenggarong. Kemudian dilakukan ujicoba CFD yang ditetapkan mulai kawasan depan gedung BanKaltim Cabang Tenggarong Jalan KH A Muchsin hingga Jalan Jenderal Sudirman Tenggarong, sejak tiga bulan lalu, yakni tidak memperkenankan kendaraan bermotor lewat kawasan tersebut mulai pukul 06.00 Wita sampai pukul 10.00 Wita.


“Pada masa ujicoba itu, belakangan masyarakat semakin antusias memanfaat-kan CFD untuk berolahraga,” ujarnya.


Kawasan CFD di Tenggarong ini menurut Fadillah sangat mendukung, karena selain belum terlalu padat kendaraan, juga keberadaan Sungai Mahakam dan Pulau Kumala juga membuat pemandangan indah. Fadillah mengatakan, selain berolahraga dan aktivitas menyenangkan lainnya, CFD di Tenggarong juga mendorong kreatifitas dan peningkatan ekonomi masyarakat. Sehingga pada CFD diakomodir para pedagang untuk menjajakan produknya.


“CFD bukan sekedar tutup jalan lalu olahraga, tapi membangun kreatifitas dan membantu perekonomian masyarakat,” ujarnya.


Kapolres berharap seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kukar terus mendukung terlaksanananya CFD yang berkelanjutan. Pada peluncuran CFD oleh Pemkab, Polres bersama Forom Kabu-paten Sehat Kukar tersebut, dilaksanakan berbagai hiburan dan kegiatan olahraga. Selain itu, juga disediakan doorprize bagi pengunjung yang beruntung. (hmp01) 


Sumber : Koran Kaltim.