Operasi Katarak Gratis Di Puskesmas Loa Kulu

 07 Nopember 2016    gusdut    Pemerintahan

Kegiatan operasi katarak gratis serta pembagian kacamata yang dilaksanakan di Puskesmas Loa Kulu, Sabtu (5/11).

Sebanyak kurang lebih 50 orang penderita katarak mendapatkan bantuan pengobatan operasi katarak secara gratis yang berlangsung di Puskesmas Loa Kulu, Sabtu(5/11).

Kegiatan operasi katarak gartis ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara bekerjasama dengan rumah sakit Dr R Hardjanto Kesdam VI/Mulawarman Balikpapan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-52.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kukar Koentijo Wibdarminto mengatakan bahwa operasi katarak ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan untuk akselerasi penurunan kasus buta katarak di Indonesia.


Untuk Kab. Kukar sendiri kegiatan operasi katarak ini sudah berjalan selama 5 tahun. Untuk tahun ini kegiatan dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Loa Kulu, dimana pasiennya berasal dari Kecamatan Loa Janan serta dari kecamatan Loa Kulu sendiri.

Tidak hanya operasi katarak saja, Dinas Kesehatan Kab. Kukar juga membagikan beberapa kacamata kepada sejumlah pelajar dari SD dan SMP yang mengalami kelainan refleksi atau sudut pandang mata.

Hadir dalam kegiatan operasi katarak mata ini camat Loa Kulu Agus Syarif, Ketua PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah serta dari Dinas Kesehatan Kab. Kukar sendiri. (gusdut)