PNS Satpol PP Dipetakan

 17 Januari 2017    madi    Pemerintahan

Jadi OPD Tipe A


TENGGARONG – Sebanyak 175 Pegawai Negara Sipil (PNS) Satpol PP Kutai Kartenagara mengikuti ujian Computer Assited Test (CAT), dalam rangka pemetaan pegawai menyusul kenaikan status instansi pengawal perda itu dari Organisasi Perangkat daerah (OPD) tipe B menjadi OPD tipe A, Selasa (17/1).


Ujian dipusatkan di ruang CAT Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kukar, sejak pukul 08.00 Wita. Peserta ujian dibagi dalam empat kelas.


Sekretaris Satpol PP Kukar Fida Hurasani mengatakan, ujian CAT itu sebagai langkah awal untuk memetakan sekaligus mengetahui karekter masing-masing aparatur.


“CAT ini diharapkan bisa memetakan SDM yang berada di Satptol PP, sehingga penempatannya sesuai dengan kemampuannya masing-masing,” kata Fida.


Ujian CAT ini merupakan rangkaian agenda persiapan Satpol PP setelah naik kelas menjadi OPD tipe A. Sebelumnya, Satpol juga menggelar tes urine bagi seluruh anggotanya.


Asisten I Setkab Kukar Chairil Anwar mengapresiasi terobosan yang dilakukan Satpol PP. Chairil menilai penting bagi Satpol melakukan pemetaan ini untuk mendukung kinerja utamanya, yakni mengamankan dan menegakan regulasi daerah.


“Harus ada perubahan pola pikir bagaimana staf di Satpol bisa menerjemahkan regulasi-regulasi di daerah, apakah itu perda, perbup dan lainnya,” kata Chairil, yang sekaligus membuka ujian CAT secara simbolis.


Ke depannya, Chairil berharap melalui ujian CAT ini setiap petugas Satpol PP bisa memahami tupoksinya masing-masing, yang tanggap dalam situasi dan kondisi apapun tanpa menunggu perintah dari atasan. (ale)


Sumber : Koran Kaltim.