Pulau Kumala Masih Menjadi Primadona Wisatawan

 23 Januari 2017    madi    Pemerintahan

MONITORING: Bupati Rita Widyasari didampingi Kadispar Sri Wahyuni meninjau Pulau Kumala.


TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari meng-klaim Pulau Kumala masih menjadi primadona wisatawan domestik untuk berlibur ke Tenggarong.
Menurut Rita, fasilitas di objek wisata tengah sungai Mahakam itu akan dimaksimalkan agar semakin banyak wisatawan yang datang.


Salah satu cara agar Pulau Kumala menjadi lebih maksimal, Pemkab Kukar akan menyerahkan pengelolaan objek wisata itu ke pihak ketiga. “Nanti akan dikelola investor. Kalau tidak ada halangan lelang akan dilaksanakan Maret nanti,” kata Rita kepada Koran Kaltim, baru-baru ini.


Menurut Rita, beberapa investor telah berminat untuk mengelola Pulau Kumala dan membangun mini zoo. “Dari luar Kaltim sudah ada yang tertarik, investor lokal PT Gunung Bayan Tabang juga berminat,” ucap Rita.


Rita mengakui, pariwisata akan menjadi sektor unggulan pendongkrak PAD di tengah difisit anggaran yang mendera Kukar.


Rabu (18/1) lalu, Rita meninjau Pulau Kumala. Ia memerintahkan Kadispar Sri Wahyuni untuk menyedot genangan air agar pengunjung semakin nyaman berwisata di tempat itu.


“Banyak genangan, kalau dilewati pasti akan nyiprat ke mana-mana. Saya minta kepada Dinas Pariwisata sebagai pengelola untuk menyelesaikan persoalan ini,” ujar Rita.


Dispar, kata Rita, bisa bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) untuk menyedot genangan air tersebut.


Kadispar Sri Wahyni mengaku Pulau Kumala mampu mendongkrak PAD Kukar. Tahun lalu, tingkat kunjungan di Pulau Kumala mencapai 356 ribu orang dengan pendapatan retribusi sebesar Rp2,3 miliar. “Itu sudah melebih target, karena target pendapatan hanya Rp1,5 miliar,” ungkap Sri.


Menurut Sri, wisatawan luar daerah tak pernah bosan berkunjung ke Pulau Kumala. Hal itu terungkap setelah pihaknya membentuk tim untuk mewawancarai pengunjung.


“Ada pengunjung dari Balikpapan dan Samarinda yang sudah datang lima kali ke Pulau Kumala. Ini membuktikan Pulau Kumala nyaman bagi wisatawan,” terang Sri. (ran415)



Sumber : Koran Kaltim.