Erau dan International Folk Art Festival Digelar 22-30 Juli 2017

 16 Maret 2017    M. Agri Winata    Pemerintahan

Pesta adat Erau dan International Folk Art Festival (EIFAF) kembali akan digelar tahun 2017 ini. Untuk EIFAF 2017 diagendakan akan berlangsung mulai tanggal 22 hingga 30 Juli 2017 di Tenggarong.


Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni, EIFAF kali ini sengaja dilaksanakan pada pekan terakhir bulan Juli. Pasalnya, saat itu merupakan puncak dari musim liburan, sehingga diharapkan lebih banyak wisatawan yang bakal datang ke Tenggarong.


"Pekan ketiga dan keempat bulan Juli adalah masa-masa puncak liburan wisatawan dalam dan luar negeri. Jadi kita pilih pekan terakhir bulan Juli. Begitu pula untuk tahun 2018 mendatang, EIFAF akan kita laksanakan pada pekan-pekan terakhir Juli," ujar Sri.


Ditambahkan Sri, EIFAF 2017 rencananya akan dihadiri 8 delegasi kesenian mancanegara. Kendati demikian Sri belum dapat mengungkap negara mana saja yang bakal berpartisipasi pada EIFAF 2017 mendatang.


"Untuk negara-negara yang hadir ke Tenggarong belum dapat dipastikan sekarang. Karena saat ini masih dalam tahap konfirmasi dari CIOFF Indonesia. Kemungkinan bulan Maret-April baru dapat dipastikan," jelasnya.


Penyelenggaraan EIFAF 2017 mendatang, lanjut Sri, akan diawali dengan gelaran Kirab Budaya Internasional pada hari Sabtu 22 Juli  2017. "Kemudian pada hari Minggu 23 Juli, akan dilakukan upacara adat Mendirikan Ayu oleh pihak Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura sebagai tanda dimulainya Erau," jelasnya.


Kemudian usai upacara Mendirikan Ayu, acara akan dilanjutkan dengan kegiatan seremoni pembukaan EIFAF 2017 bertempat di Stadion Rondong Demang, Tenggarong. "Sedangkan penutupan Erau atau EIFAF 2017 akan dilaksanakan pada hari Minggu 30 Juli 2017 yang ditandai dengan upacara adat Mengulur Naga dan Belimbur," pungkasnya.