Kecamatan Muara Jawa, Muara Wis dan Muara Kaman Raih Anugerah Mpekat Keroan Kampong 2017

 30 Maret 2017    M. Agri Winata    Pemerintahan

Tiga kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan Anugerah Mpekat Keroan Kampong 2017 sebagai pelaksana terbaik Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.


Ke tiga kecamatan terbaik dalam pelaksanaan Musrenbang, atau yang kini disebut Mpekat Keroan Kampong itu adalah, Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Muara Wis, dan Kecamatan Muara Kaman.


Berdasarkan penilai dari Bappeda Kukar dan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Kecamatan Muara Jawa dinobatkan sebagai Juara I Mpekat Keroan Kampong 2017 setelah meraih penilaian tertinggi yakni 73,41 poin.


Kemudian untuk predikat Juara II berhasil diraih Kecamatan Muara Wis dengan perolehan 67,79 poin. Sedangkan gelar Juara III disabet Kecamatan Muara Kaman dengan raihan nilai 63,98 poin.


Selain itu, Bupati Rita Widyasari juga menyerahkan penghargaan kepada Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) atas partisipasinya dalam proses penilaian Mpekat Keroan Kampong di 18 kecamatan.  


Penyerahan penghargaan untuk ke tiga kecamatan terbaik ini dilakukan langsung oleh Bupati Kukar Rita Widyasari usai pembukaan acara Musrenbang Tingkat Kabupaten Kukar di gedung Bappeda Kukar, Tenggarong, Senin (27/3) pagi.


"Pemberian penghargaan tersebut dimaksudkan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada pemerintah dan warga kecamatan untuk melaksanakan Musrenbang dengan sebaik-baiknya," kata Kepala Bappeda Kukar, Wiyono.  


Adapun aspek-aspek yang menjadi penilaian, kata Wiyono, meliputi tingkat partisipasi sebanyak 30%, penyelenggaraan 30%, pelaporan 30%, dan inovasi 10%.