Dedikasi menjaga kesinambungan ketahanan pangan.

 01 Mei 2017    Luthfi Husag    Pemerintahan

Dedikasi menjaga kesinambungan ketahanan pangan.


Pak Rahmat amin warga Desa Kutai Lama sudah puluhan tahun menekuni pertanian. Berlokasi di Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana tepatnya di dilahan pertanian milik bapak Rahmat Amin Kula terdapat area pertanian yang di tanaman berbagai jenis tanaman prooduktif, perikanan dan peternakan,  area pertanian tersebut  bisa disebutkan sebagai area pertanian terpadu.

Sadar akan kebutuhan pangan terus meningkat dan pentingnya menjaga kesinambungan produksi pangan, sebuah langka nyata di lakukan oleh pak Rahmat dengan menampung generasi muda yang ingin belajar bertani di tempatnya.

Menjaga kesinambungan produksi pangan tidak hanya dengan cara meningkatkan produksi,  menurut pak Rahmat  yang paling penting adalah bagaimana bisa menjaga kesinambungan regenerasi petani pada petani muda.

Langkah nyata yang patut kita apresiasi sudah di lakukan pak Rahmat yakni bersedia menampung atau memfasilitasi para pemuda atau mahasiswa yang ingin belajar dan terlibat langsung dalam kegiatan sehari hari bertani.  Saat ini terdapat puluhan pemuda dan mahasiswa pertanian yang ikut terlibat dalam kegiatan pertanian dan peternakan dilokasi pak Rahmat. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang masih aktif kuliah dari berbagia daerah di Kaltim bahkan Kalrata yang tinggal bersama dilingkungan tempat tinggal pak Rahmat. Beberapa Aktifitas para pemuda tersebut, sebelum dan selepas kuliah langsung betaktifitas layaknya sebagai petani.

Di samping beraktifitas sebagai petani,  para mahasiswa juga melakukan aktifitias ilmiah sebagimana teori yang di peroleh di bangku kulia. Berbagai eksperimen telah di lakukan dan sudah dapat di manfaatkan,  antara lain bertani secara organik,  membuat pupuk organik dan terus melakukan berbagai inovasi untuk kemajuan pertanian. Kedepannya pak Rahmat berharap pertanian Semakin maju dan di lakukan secara modern dengan kehadiran pemuda bertani apalgi di tunjang oleh petani yang berpendidikan dan di tunjang dengan perlatan modern sehingga petani makin sejahtera.