Jadi Petani Profesi Menjanjikan.

 01 Mei 2017    Luthfi Husag    Pemerintahan

Pemuda Kreatif Pemuda Masa Depan. 


  • Ini lah aktifitas sekolompok anak muda di lokasi pertanian Pak Rahmat Amin, mereka adalah Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Mulawarman. 

    Dalam kesehariannya mereka tetap menjalankan aktifitas kuliah seperti mahasiswa lainnya. Pada setiap kesempatan diluar aktifitas akademik, para mahasiswa tersebut manghabiskan waktunya untuk belajar bertani dengan cara mengikuti setiap aktifitas petani. 


    Dilahan pertanian pak Rahmat terdapat berbagai usaha pertanian dalam arti luas, pertanian sawah, perikanan, peternakan dan perkebunan sehingga di area pertanian tersebut dapat di katakan usaha pertanian terpadu. 

    Dari puluhan mahasiswa yang magang di area pertanian pak Rahmat, ada beberapa mahasiswa yang tinggal di rumah dan lingkungan pertanian pak Rahmat. 


    Aktifitas Mahasiswa tersebut tetap menjalankan studi atau jadwal kuliah selayaknya mahasiswa lainnya. Menajalankan kewajibannya sebagai mahasiswa selalu hadir disetiap jadwal perkuliahan. Di luar jadwal perkuliahan mereka beraktifitas selayaknya petani, misalnya saat musim tanam padi, mereka terlibat menyiapkan bibit padi mulai penyemaian hingga penanaman. Begitu pula bidang perikanan, peternakan hal serupa dilakukan layaknya sebagia peternak. 


    Pada kesempatan lain, para mahasiswa tersebut melakukan berbagai aktifitas berkaitan dengan keilmuan yang mereka pelajari di bidangnya masing masing. Disamping aktifitas bertani, para mahasiswa juga melakukan berbagai eksperimen yang berkaitan dengan uapaya peningkatan produksi dan kualitas pertanian. 


    Aktifitas produktif yang di lakukan mahasiswa tersebut adalah upaya meningkatkan kualitas pertanian hingga produksi. Misal upaya itu adalah mendukung pertanian secara organik dengan membuat pupuk kompos, Mikroba Organik Lokal (MOL), beternak cacing, dan ekpserimen penelitian lainnya yang dapat menunjang peningkatan produksi pertanian, perikanan dan peternakan. 


    Pesan pak Rahmat Amin, Jangan pernah ragu untuk menekuni pertanian bahkan menjadikan profesi, karena bertani adalah pekerjaan yang mulai dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia sampai kapanpun.